OS Jelly Bean Milik Android Akan Dimatikan?California – Sistem operasi teranyar dari Google, Android 4.4 KitKat sejatinya sudah lama meluncur namun masih jarang ditemui pada beberapa seri ponsel. Untuk semakin memperluas pangsa pasar KitKat, Google diberitakan akan mematikan beberapa OS lama. Namun jangan panik dulu, yang akan dihentikan operasinya hanya OS Android varian Jelly Bean 4.3 kebawah.

Seperti dilansir dari Phonearena (Rabu, 12/2/2014), sebuah laporan yang bocor ke dunia maya tentang Google yang berusaha keras untuk mengarahkan para produsen smartphone untuk membuat produk yang menggunakan OS terbaru Android tersebut memperjelas maksud dari Google. Dokumen tersebut juga menunjukkan catatan mengenai beberapa OS yang akan dimatikan. Mereka adalah Android Ice Cream Sandwich, Honaycomb, Gingerbread, dan Jelly Bean 4.1. Mereka akan dinonaktifkan pada 1 Februaru 2014.

Kedepannya, Google tidak akan mengeluarkan ijin pada perusahaan manufaktur smartphone manapun untuk memproduksi ponsel dengan beberapa OS yang tadi disebutkan disertai dengan Google Mobile Services (GMS) per Februari 2014.

Sementara smartphone yang erisi OS Android 4.2 Jelly Bean sudah tidak akan diproduksi lagi mulai 24 April 2014. Lalu menyusul Android 4.3 Jelly Bean pada 31 Juli 2014. Setelah semua itu dinonaktifkan, praktis hanya Android 4.4 Kitkat yang tersisa sebagai OS besutan Google. (Choirul Anam – www.harianindo.com)