Rakuten Akusisi Viber Rp 10 TTokyo – Situs belanja online yang populer di Indonesia dan berasal dari Jepang, Rakuten, mengumumkan telah memperoleh perusahaan penyedia layanan pemesanan serta telepon berbasis internet, Viber. Akusisi ini mengabiskan dana Rakuten sebesar Rp 10,6 triliun. Melalui informasi yang diterima Harian Indo pada Sabtu (15/2/2014), Rakuten yang sebelumnya sukses mengakuisisi Kobo, Wuaki TV, dan Viki menunjukkan keseriusannya dalam menjajaki ranah konten digital.

CEO dari Rakuten, Hiroshi Mikitani, mengaku bersemangat menyambut Viber dalam keluarga besar Rakuten. Mikitani menambahkan jika Viber adalah platform ideal untuk membuat konsumen menjadi pro-aktif dalam ekosistem digital yang dinamis ini.

Viber yang merupakan salah satu layanan mobile terpopuler di dunia memiliki basis pengguna aktif hingga 300 juta. Pertumbuhan penggunanya yang pesat terjadi pada tahun lalu dimana terjadi peningkatan pengguna hingga 120 persen.

Talmon Marco selaku CEO Viber juga menyatakan senang dengan akusisi ini. Menurutnya, bergabung dengan Rakuten adalah langkah penting dalam mewujudkan visinya untuk membuat Viber semakin mendunia. Viber memiliki visi untuk menjadi platform nomor satu dunia yang dirasa sejalan dengan Rakuten yang kini semakin menguasai ranah e-commerce. (Choirul Anam – www.harianindo.com)