BlackBerry Q20 : BlackBerry Akan Hadirkan Kembali Keyboard Qwerty Barcelona – BlackBerry tampaknya belum menyerah untuk meraih kembali kesuksesan mereka, setelah dalam beberapa tahun terakhir ini kalah bersaing dengan smarthphone ber-OS android dan iOS. BlackBerry mengumumkan dalam MWC 2014 produk baru mereka yang hadir dengan tampilan sedikit klasik, BlackBerry Q20, yang akan kembali dilengkapi dengan keyboard QWERTY.

Seperti dilansir dari Digital Trends (Selasa, 25/2/2014), Q20 atau disebut CEO BlackBerry John Chen sebagai BlackBerry Classic, akan kembali menghadirkan keyboard QWERTY yang dulu seakan menjadi trademark dari produk BlackBerry, namun sekarang tentunya dengan beberapa upgrade dan tombol yang lebih nyaman untuk kegiatan mengetik di telepon seluler. Pihak BlackBerry mengklaim bahwa Q20 merupakan telepon seluler dengan keyboard fisik (bukan touch-screen) yang memiliki layar display terbesar dengan dimensi 3.5-inch. Q20 juga akan menghadirkan fitur klasik BlackBerry seperti Menu, Send, Back dan End dan trackpad yang terintegrasi untuk penggunaan dengan menggunakan satu tangan.
John Chen menjelaskan alasan BlackBerry menghadirkan kembali keyboard QWERTY karena banyaknya masukan dari pengguna BlackBerry yang merindukan sensasi menggunakan trackpad dan tombol fisik. John Chen berharap dengan dirilisnya smartphone ini, para pengguna BB dapat terpuaskan dan dapat kembali merebut pangsa pasar.

Spesifikasi detail terkait BlackBerry Q20 memang belum dirilis secara resmi, namun tampaknya Q20 akan segera meluncur ke pasaran pada semester kedua tahun 2014. (Choirul Anam – www.harianindo.com)