Jadwal & Prediksi Espanyol VS Barcelona, Duel Panas Derbi CatalanBarcelona – Espanyol akan menjadi ujian selanjutnya bagi Barcelona dalam mengejar titel juara musim ini, kala Derbi Barceloni atau dikenal juga dengan Derbi Catalan akan kembali tersaji Sabtu (29/3) malam ini pukul 22.00 WIB di markas Espanyol, Estadio Cornella-El Prat. Dengan kompetisi La Liga yang hanya menyisakan delapan pertandingan, Derbi Catalan melawan Espanyol akan menjadi salah satu laga terpenting bagi Barca, sebelum di akhir musim akan menjamu pemuncak klasemen sementara Atletico Madrid di Camp Nou.

Seperti dilansir dari Liga BBVA (Jumat, 28/3/2014), Barcelona akan mencoba untuk mencuri poin penuh dalam derbi nanti malam, agar dapat terus menguntit posisi Atletico dan sekaligus meneruskan tren positif dua kemenangan beruntun atas Real Madrid dan Celta Vigo. Pelatih Barca, Gerardo ‘Tata’ Martino sadar betul akan pentingnya kemenangan dalam laga ini, tak heran dirinya akan kembali menurunkan pemain-pemain pilar yang sempat diistirahatkan saat melawan Celta, seperti Xavi, Pique, Alves dan Sergio Busquets. Walaupun sangat disayangkan Los Cules harus kehilangan kiper andalannya, Victor Valdes, yang mengalami cedera lutut parah saat melawan Celta.

Sedangkan dari kubu Espanyol akan bermain lebih relaks, setidaknya untuk mengamankan 1 poin, mengingat saat ini Espanyol ada di posisi Sembilan klasemen yang sudah cukup aman dari ancaman degradasi walaupun sebenarnya masih punya kans untuk finis akhir musim di zona Eropa, dengan terpaut 10 poin dari posisi enami. Pelatih Espanyol, Javier Aguirre, dapat menurunkan hampir seluruh skuat utama, kecuali gelandang David Lopez yang masih dipertanyakan terkait cedera engkel.

Catatan dalam lima pertemuan terakhir memang lebih berpihak pada Barcelona dengan tiga kemenangan dan dua kali imbang. Dalam pertemuan pertama di Camp Nou musim ini, Barca hanya mampu menang tipis 1-0 dari rival sekotanya tersebut.

Walaupun begitu, tidak akan mengurangi tensi derbi dari laga ini. Prediksi kami Barcelona yang akan lebih mati-matian untuk meraih poin penuh akan keluar sebagai pemenang dengan selisih skor tipis. (Choirul Anam – www.harianindo.com)