9 Tentara Pakistan Terbunuh Akibat Bom di Waziristan.

Foto dari AP

Islamabad – Setidaknya sembilan orang tentara Pakistan terbunuh dan beberapa lainnya luka parah akibat sebuah bom yang meledak di pinggir jalan di Waziristan Utara. Seperti dilansir dari BBC (Kamis, 8/5/2014), sebuah truks milik organisasi paramiliter Pakistan yang bernama Froniter Corps, atau Korps Perbatasan, menjadi target sebuah bom remote kontrol yang diletakkan di pinggir jalan. Truk tersebut sedang menuju ke dekat perbatasan Afghanistan, yang memang menjadi sarang dari aktivitas Taliban.

Belum ada pihak manapun yang mengaku bertanggungjwab atas ledakan tersebut. Juru bicara militer mengatakan bahwa bom tersebut dipasang dan diledakkan oleh kelompok “teroris”, namun tidak menyebutkan kelompok apa. Adapun serangan ini terjadi di tengah gerakan damai antara Pemerintah Pakistan dengan Taliban.

Insiden ini terjadi di 35 km uatara Miranshah, kota utama di Waziristan Utara. Truk yang menjadi korban tersebut berjalan dari Miranshah menuju Gulam Khan. Adapun korban meninggal diangkut dengan helikopter sementara korban luka dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Waziristan adalah salah satu dari total tujuh distrik adat, yang tidak menggunakan hukum negara atau Pemerintah Pakistan. Wilayah ini merupakan pusat pergerakan Taliban dan milisi lainnya yang terkait dengan Al-Qaeda.

Dengan serangan ini, keraguan terhadap pembicaraan damai antara Pemerintah Pakistan dengan Taliban semakin besar. Pun demikian, Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif, mengatakan bahwa dirinya masih berharap akan keberhasilan pembicaraan tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)