Landon Donovan Terlempar Dari Skuat Timnas Amerika SerikatLos Angeles – Pemain veteran Amerika Serikat, Landon Donovan, secara mengejutkan tak masuk dalam susunan skuat timnas Amerika Serikat di bawah asuhan pelatih Juergen Klinsmann yang akan dibawa ke ajang Piala Dunia 2014 Brasil. Seperti dilansir dari FourFourTwo (Kamis, 22/5/2014), Donovan menjadi salah satu dari tujuh nama yang terlempar dari susunan final skuat timnas Amerika Serikat, keputusan Klinsmann jelas dinilai mengejutkan karena Donovan merupakan top scorer sepanjang masa Amerika Serikat dengan torehan 51 golnya, unggul 21 gol dari Clint Dempsey.

Dicoretnya nama Donovan seakan mengakhiri karir internasional striker LA Galaxy tersebut, mengingat usia Donovan yang kini telah menginjak 32 tahun, cukup tua untuk pemain yang berposisi sebagai striker. Sepanjang karirnya ia telah mengoleksi 156 caps dan menorehkan 51 gol, termasuk ikut serta tampil dalam tiga edisi Piala Dunia.

Selain Donovan, enam nama lain yaitu Joe Corona, Terrence Boyd, Maurice Edu, Clarence Goodson, Brad Evans dan Michael Parkhurst juga harus rela tak masuk dalam susunan skuat akhir yang dipilih Klinsmann. Mereka juga tidak akan tampil dalam laga uji coba Amerika Serikat melawan Azerbaijan yang dijadwalkan berlangsung pada pekan depan (27/5).

Berikut susunan lengkap skuat timnas Amerika Serikat yang akan dibawa ke putaran final Piala Dunia 2014 Brasil :

Goalkeepers: Tim Howard (Everton), Brad Guzan (Aston Villa) dan Nick Rimando (Real Salt Lake)

Bek: Omar Gonzalez (LA Galaxy), Matt Besler (Sporting Kansas City), DaMarcus Beasley (Puebla), John Brooks (Hertha Berlin), Geoff Cameron (Stoke City), DeAndre Yedlin (Seattle Sounders FC), Timmy Chandler (Nürnberg), Fabian Johnson (Borussia Monchengladbach)

Gelandang: Alejandro Bedoya (Nantes), Kyle Beckerman (Real Salt Lake), Julian Green (Bayern Munich), Michael Bradley (Toronto FC), Jermaine Jones (Besiktas), Brad Davis (Houston Dynamo), Mix Diskerud (Rosenborg), Graham Zusi (Sporting Kansas City)

Striker: Clint Dempsey (Seattle Sounders FC), Aron Johannsson (AZ Alkmaar), Jozy Altidore (Sunderland), Chris Wondolowski (San Jose Earthquakes)

Kejutan terjadi dengan masuknya nama gelandang belia Bayern Munchen, Julian Green, yang masih berusia 18 tahun. Mengingat Green baru sekali ikut serta dalam skuat Amerika Serikat kala menjalani laga persahabatan melawan Mexico pada April lalu. Green akan masuk skuat asuhan Juergen Klinsmann yang tergabung dalam Grup G bersama Jerman, Portugal dan Ghana. (Choirul Anam – www.harianindo.com)