VW Berencana Dirikan 2 Pabrikan di TiongkokBeijing – Perkembangnya dunia industri otomotif di wilayah Tiongkok menjadikan pabrikan mobil sangat tertarik untuk melakukan investasi. Demikian pula yang berlaku pada industri mobil Volkswagen (VW), dimana kabarnya VW memiliki rencana untuk dapat menambah 2 pabrikan barunya ada di Tiongkok.

Sepertinya rencana dari VW tidak akan mendapatkan halangan dari pihak China National Development and Reform Commission (NDRC) terkait penambahan 2 pabrikan baru dari perusahaan otomotif Jerman ini.

Seperti yang dikutip dari halaman Reuters, Selasa (8/7/2014) nantinya kedua pabrikan baru VW ini akan didirikan di 2 kota yang terletak di Tiongkok Timur, yaitu Tiajin dan Qingdao. Selain itu VW juga memiliki rencana untuk dapat memperluas kapasitas produksi yang ada di pabrikan Chengdu (Tiongkok Barat). Dengan kapasitas produksi menjadi 600.000 unit mobil untuk setiap tahunnya.

Tidak dipungkiri memang persaingan yang terjadi di Tiongkok begitu kuat. Sehingga ini lah yang menjadikan alas an mengapa pabrikan mobil asal Jerman ini melakukan investasi di Tiongkok. Demikian pula hal nya pabrikan otomotif yang lain seperti General Motors (GM) yang melakukan ekspansi investasi besar-besaran di Tiongkok. (Choirul Anam – www.harianindo.com)