Berita ISIS Terkini: ISIS Tingkatkan Ketakutan akan Islam di AS

advertisement:


12/09/2014

Berita ISIS Terkini: ISIS Tingkatkan Ketakutan akan Islam di ASNew York – 13 tahun sudah berlalu sejak insiden serangan 11 September 2001 terjadi di Amerika Serikat. Kejadian tersebut langsung memicu fenomena “Islamophobia”, atau ketakutan terhadap Islam, di antara warga AS. Dan seriring berjalannya waktu, ketakutan tersebut pun mulai hilang dan persepsi masyarakat AS terhadap Islam kembali membaik. Namun demikian, munculnya kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di wilayah Irak dan Suriah telah merusak hal tersebut.

Seperti dilansir dari AFP (Jumat, 12/9/2014), sertumbuhan dan aksi-aksi kejam ISIS telah kembali menjadi perhatian nasional, baik di Irak maupun di dalam negeri AS sendiri. Dampaknya, Islamophobia dan kebencian akan umat Muslim kembali merebak di AS. Warga Muslim AS pun mulai khawatir dengan kemungkinan-kemungkinan tindakan kekerasan atau diskriminasi yang diarahkan kepada mereka.

Seorang aktivis Islam AS, Meher Mohsin, mengatakan bahwa pada 2010 dan 2011 kondisi Islamophobia sudah menurun cukup jauh, namun kini mulai meningkat kembali. Menurut Mohsin, kemungkinan kondisi pasca kejadian 9/11 bisa saja terjadi, dan hal tersebut diakibatkan semakin banyaknya konflik di negara-negara Islam.

Berita seputar ISIS
Berita ISIS Terkini: CIA Katakan Anggota ISIS 3 Kali Lebih Besar
Berita ISIS Terkini: Serangan Udara Tewaskan Menteri Perang ISIS

Sempat muncul pula isu mengenai kepolisian AS yang mulai melakukan operasi mata-mata terhadap warga Muslim AS. Ditanya tentang hal ini, Kepolisian New York (NYPD) tidak berkomentar apapun.

Untuk mencoba menepis perkembangan tak baik ini, Presiden AS, Barack Obama, sempat menekankan bahwa apa yang telah diperbuat oleh ISIS tidak menunjukkan suatu sikap yang Islami. Obama mengatakan bahwa tidak ada agama di dunia ini yang membenarkan pembunuhan terhadap orang yang tidak bersalah. Sikap tak Islami ISIS juga terlihat dari banyaknya korban sipil yang mereka bunuh yang ternyata juga sama-sama penganut Islam. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery