BlackBerry Blend: Mendapat Pujian dan Sambutan BaikJakarta – Peluncuran aplikasi BlackBerry Blend ternyata mendapat banyak pujian dan sambutan baik dari para user dan pengamat teknologi. Bahkan, peluncuran BlackBerry Blend ini cukup mengalahkan pamor dari produk smartphone BlackBerry yang juga baru saja diluncurkan, yakni BlackBerry Passport.

Seperti dilansir dari Reuters (Jumat, 26/9/20114), analis RBC Capital Markets, Mark Sue, mengatakan bahwa BlackBerry Passport memang telah menarik perhatian dunia. Namun demikian, pihaknya lebih tertarik untuk melihat lebih dalam mengenai BlackBerry Blend.
Lebih lanjut, Sue menjelaskan bahwa BlackBerry Blend merupakan salah satu pemegang peran utama dalam strategi untuk beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan-perusahaan besar. Karyawan dari perusahaan akan didorong untuk lebih fleksibel untuk menggunakan perangkat pilihan mereka sendiri.

Adapun di bawah kepemimpinan Chief Executive Officer (CEO), John Chen, BlackBerry telah merubah fokus kerjanya. Perusahaan yang awalnya hanya bersaing di bidang smartphonr, kini juga mulai mengembangkan kekuatan di bidang keamanan data mobilr dan manajemen perangkat mobile. Dan menurut Sue, di sinilah peran penting BlackBerry Blend.

Sue juga berpendapat bahwa langkah BlackBerry untuk mengakuisisi sebuah sebuah perusahaan startup teknologi mobile asal Inggris, Movirtu, merupakan satu keputusan yang baik dan mampu mendorong perkembangan BlackBerry di pasar enterprise.

Akuisisi Movirtu tersebut dilakuakan pada awal September 2014 lalu. Software yang dimiliki perusahaan startup tersebut memungkinkan user untuk memiliki beberapa nomor telepon dalam satu perangkat yang sama.

Untuk Blend sendiri, memungkinkan user untuk SMS memperoleh notifikasi pesan, merespon email pribadi dan email pekerjaan, serta pesan-pesan lainnya. Pengguna pun dapat mengakses kalender, kontak, file, serta beberapa media lainnya di perangkat apapun. BlackBerry Blend ini juga kompatibel dengan beberapa OS ternama, sebut saja Windows, Mac OS, Android, dan iOS.

Analis lainnya dari Scotiabank, Daniel Chan, berpendapat bahwa Blend merupakan produk unik yang juga dapat membantu para developer software untuk mengeksplor fungsi-fungsi Blend ke dalam aplikasi mobile mereka. (Rani Soraya – www.harianindo.com)