Jakarta – Menu botok adalah menu yang sederhana, tapi sangat menggugah selera makan. Apalgi jika dimakan dengan nasi hangat, walaupun berisikan tempe dan ikan teri nikmatnya sungguh luar biasa.

Resep Botok Tempe Petai Cina, Makanan yang Menggugah Selera

Aroma khas dari daun pembungkusnya itu pula yang membuat nikmatnya botok ini. Resep botok kali ini berbahan dasar tempe dan dipadukan dengan petai cina. Berikut ini resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
300 gram tempe, digoreng, dihaluskan
100 gram kelapa parut kasar
50 gram petai cina
1 1/4 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
2 buah cabai merah besar, diiris serong, dibuang bijinya
1 butir telur, dikocok lepas
75 ml santan kental instan
1 sendok makan minyak untuk menumis
daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabai merah
3 cm kunyit, dibakar
1/2 sendok teh ketumbar, disangrai
2 cm kencur

Cara membuat:
1. Siapkan minyak untuk menumis lebih dahulu, lalu tumis bumbu halus sampai harum, kemudian angkat. Selanjutnya campurkan tempe, petai cina, kelapa parut juga bumbu halus yang telah ditumis tadi. Tambahkan garam, gula, serta cabai merah, lalu aduk hingga merata.
2. Tambahkan telur dan santan ke dalam adonan botok tadi. Kemudian ambil selembar daun pisang, masukkan adonan botok tempe ke dalam daun pisang dengan menggunakan sendok, bungkus lalu sematkan dengan lidi. Setelahs emua bahan habis, siapkan panci untuk mengukusnya.
3. Kukus botok selama kurang lebih 25 menit atau samapi matang. Botok tempe petai cina siap dinikmati dengan nasi hangat. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)