Yogyakarta – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mendapatkan protes dari Forum Umat Islam (FUI) karena memasang baliho penerimaan mahasiswa baru menampilkan model berhijab.

FUI Minta Semua Poster UKDW Yang Memuat Foto Mahasiswi Berhijab Diturunkan

Pihak kampus menerima protes tersebut dan menurunkan baliho yang sudah terpasang di beberapa titik.

“Ada yang keberatan, kami terima dengan baik-baik, dan kami turunkan sesuai keinginan dari organisasi keagamaan,” kata Rektor UKDW Yogyakarta, Henry Feriadi dalam keterangan pers, Kamis (8/12/2016).

Pihak kampus pun mengakui jika model dalam bahilo seorang perempuan yang mengenakan kerudung merupakan mahasiswinya. Pihaknya menepis tudingan model berhijab itu untuk menarik masuk menjadi mahasiwi UKDW dari kalangan orang Islam.

“Mahasiswa kami ada 3.800 an orang. Umat Islam sendiri ada sekitar 7%nya. Jadi yang menjadi model itu memang mahasiswi kami,” katanya.

Dirinya mengaku ada mata kuliah keagaman di kampus tersebut. Namun, bagi mahasiswa yang beragama Islam masuk pada kelas sendiri, tidak bersama mahasiswa lain yang beragama Kristen.

Baca juga: Pasang Gambar Mahasiswi Berhijab, Universitas Kristen Ini Berikan Penjelasan

“Pemeluk agama non Kristen dijadikan satu dengan pemeluk agama lain. Seperti agama Islam, Hindu dan lainnya diberikan waktu kuliah agama untuk saling berbagi. Mereka sharing tentang agama yang dipeluk oleh masing-masing mahasiswa,” katanya. (Yayan – harianindo.com)