Jakarta – Kabid Propam Polda Metro Jaya Kombes ‎Usman Heri Purwono memastikan bahwa pihaknya akan mencopot jabatan Kompol R Sartoto sebagai Kapolsek Pamulang.

Kapolsek Pamulang Dicopot dari Jabatan lantaran Kasus Pemerasan

Hal ini menyusul tertangkapnya Sartoto menerima uang Rp 10 juta dari tersangka kasus penyalahgunaan narkoba. ”Yang jelas diproses, dicopot dari jabatannya,”‎ kata dia di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (29/12/2016).

Saat ini, tambah dia, proses penindakan terhadap Sartoto masih terus berjalan oleh pihak Bid Propam Polda Metro Jaya.‎ Sartoto juga terancam bakal dikenakan sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH). Namun, hal itu diputuskan setelah proses persidangan etik di Bid Propam Polda Metro Jaya.

”Itu nanti disidang,” tambahnya.

Usman juga mengatakan, jika pihaknya telah melakukan penahanan terhadap Sartoto saat ini “(Sartoto) sudah kami tahan. Lima hari ini kami tahan, sebelum proses sidang,” pungkas dia.

Sebelumnya, Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Sartoto dan dua anggotanya, Selasa (27/12) di wilayah Tangerang Selatan.

Kasus tersebut diduga terkait penyalahgunaan wewenangan terhadap penindakan salah satu tersangka kasus narkoba jenis sabu seberat 0,1 gram. (Tita Yanuantari – harianindo.com)