Jakarta – Peristiwa pengusiran atau penghentian acara pengajian yang dialami oleh ustaz Khalid Basalamah di Sidoarjo beberapa waktu lalu, disayangkan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia Din syamsudin, terlebih lagi karena pengusiran dilakukan oleh sesama muslim.

Din Syamsuddin Angkat Bicara Terkait Insiden Ustad Khalid Basalamah

Pengusiran acara pengajian

Din menyarankan, jika memang ada masalah, seharusnya diselesaikan dengan cara makruf, yakni dengan mengdepankan dialog atas dasar kasih sayang dan ukhuwah Islamiyah.

Din mengkhawatirkan, hal itu dapat mengganggu ukhuwah Islamiyah yang selama ini dijunjung tinggi. Ia mengharapkan agar umat islam tidak terjerumus ke dalam pertentangan apalagi menggunakan kkerasan.

Baca juga: Kolom Agama di KTP: Ketua MUI Pertanyakan Apa Urgensinya

“Oleh karena itu, semua pihak harus saling memahami, menghargai pendapat dan tidak menyalahkan pihak lain” ujar din saat ditemui, senin (6/3/2017).

Dengan adanya peristiwa ini, Din mengharapkan agar umat Islam untuk mengamalkan secara nyata prinsip Ukhuwah Islamiyan (persaudaraan bangsa) dan Ukhuwah basyariyah (persaudaraan umat manusia). (Rere – hariando.com)