Jakarta – Mengisi waktu liburan dengan berlibur atau berpetualang di hutan memang kelihatannya menyenangkan, namun di hutan apalagi yang masih ‘perawan’ tidak dilengkapi dengan petunjuk arah seperti bila kita berkendara di jalan.

Tersesat di Hutan? Jangan Panik Dulu, Ini Dia Tipsnya

Karena itu, bagi yang sudah terbiasa keluar masuk hutan tentunya bukan perkara sulit bila tiba-tiba tersesat atau terpisah dari rombongan, namun bagi Anda yang baru pertama kali masuk hutan pasti ini merupakan pengalaman yang sangat menakutkan.

Namun jangan panik terlebih dahulu karena panik akan membuat kita sulit untuk berpikir dengan baik.

Berikut ini beberapa tips mudah bila Anda tersesat di hutan:

1. STOP
Kalau Anda tersesat di dalam hutan, jangan panik, STOP aja dulu. STOP itu kepanjangan dari Stop and Seating (S), Thinking (T), Observe (O) dan Planning (P). Pikirkan dulu secara perlahan kenapa Anda bisa sampai di tempat itu. Mulai melihat tempat sekitar dan kalau perlu tandai tempat itu, supaya Anda tidak balik ke tempat itu untuk kedua kalinya. Kemudian persiapkan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan untuk melanjutkan perjalanan. Bila perlu, tinggalkan barang sekunder yang memberatkan perjalanan.

2. Lihat Kompas
Barang yang satu ini penting sekali dan harus dibawa bila mau berpetualang di hutan. Anda bisa melihat kompas untuk tahu di mana Anda berada dan dari arah mana sebelumnya. Jika Anda benar-benar buta cara membaca kompas, Anda bisa mengikuti letak matahari. Tapi hal ini hanya bisa dilakukan pada siang hari. Kalau Anda tidak tahu sama sekali arah terbit dan tenggelamnya matahari serta buta membaca kompas, Anda bisa mencoba berjalan lurus saja ke satu arah. Semoga Anda bisa menemukan jalan raya,

3. Membaca Peta
Peta sangat penting untuk mengetahui medan yang akan Anda masuki. Anda perlu paham benar tentang dimana gunung, di mana lembah, di mana jalan berbatu, di mana jalan datar. Selain membaca peta, membaca jejak juga tidak kalah penting. Baca jejak juga diperlukan untuk mengetahui posisi kita sebelumnya dan menghindari bahaya hewan buas. Ngeri juga kalau di belakang Anda tiba-tiba ada si raja hutan.

4. Tiru Cara MacGyver
Satu hal yang harus Anda ingat jika tersesat di dalam hutan belantara. JANGAN PANIK! It’s rule number one. Coba lah Anda berpikir seperti MacGyver, yang selalu optimis sehingga menemukan jalan keluar. Kuncinya adalah perhatikan keadaan sekitar dan manfaatkan sebisa mungkin kekayaan alam yang tersedia, Contohnya, Anda bisa melihat arah tumbuhan merambat, biasanya mereka merambat ke arah timur.

Semoga bermanfaat, dan selamat menemukan jalan keluar ya…
(samsul arifin – harianindo.com)