Jakarta – Sebagian besar orang ingin menggunakan kawat gigi untuk sekedar bergaya. Bahkan kawat gigi sempat menjadi trend fashion di Indonesia. Padahal sejatinya kawat gigi digunakan untuk keperluan kesehatan gigi dan mulut.

Inilah Yang Sebenarnya Dirasakan Pengguna Kawat Gigi

“Para pengguna kawat gigi biasanya punya masalahnya sendiri pada giginya. Karena ini adalah perawatan dan bukannya aksesori,” ucap dokter gigi Dwi Anie Lestari, Pengurus Ikatan Orthodontis Indonesia (IKORTI) Komda Jaya.

“Keluhan-keluhan yang muncul ini bisa terjadi karena ada benda asing yang masuk ke mulut dan belum terbiasa,” lanjutnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan pasta gigi Formula, ada tiga keluhan utama yang biasa dialami saat menggunakan kawat gigi. Survei ini dilakukan terhadap 111 pengguna kawat gigi.

Hasil survei menyatakan bahwa tiga keluhan terbanyak yang dialami adalah nyeri atau linu, sariawan, dan kesulitan membersihkan gigi.

“Keluhan pertama dan kedua ini dirasakan sangat menganggu, sehingga menyebabkan pengguna kawat gigi mengalami kesulitan makan,” tutur Yuna Eka Kristina, Head of Corporate and Marketing Communication OT Grup yang menaungi Formula.

“Salah satu penyebabnya adalah karena kawat gigi dianggap benda asing dan pastinya ini akan memberikan tekanan di dalam mulut yang menyebabkan nyeri dan linu.”

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Buah Hati

Selain itu keluhan yang sering dirasakan adalah susahnya membersihkan sela-sela gigi. Hal itu menyebabkan sisa makanan yang terselip tidak bisa diambil secara menyeluruh. Alhasil, kuman dan bakteri bisa merusak gigi dan menyebabkan bau mulut. (Icha – harianindo.com)