Jakarta – Jintan tidak hanya bermanfaat sebagai rempah makanan dan penambah aroma masakan, namun rempah yang menjadi salah satu bahan wajib di masakan India ini ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Tiga Manfaat Penting Jintan Bagi Kecantikan Kulit

Jintan diketahui memiliki lebih dari 100 senyawa kimia, seperti protein, mineral, karbohidrat, dan lemak jenuh, yang terbukti mampu menyembuhkan dan mengatasi berbagai macam masalah kesehatan kulit.

Berikut ini tiga macam manfaat jintan bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

1. Mengobati dan Mencegah Jerawat
Jintan mengandung kompenen seperti Thymol, Cuminaldhyde, dan fosfor, yang memiliki efek detoksifikasi.
Untuk mengobati jerawat, campurkan bubuk jintan ke dalam cuka apel sampai membentuk pasta. Lalu oleskan pasta ini ke bagian yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Melawan Penuaan Dini
Jintan kaya akan kandungan vitamin E dan anti oksidan yang berguna untuk melawan penuaan dini dan radikal bebas yang membahayakan kulit dan menyebabkan penuaan.
Tambahkan jintan dalam diet harian untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerut, garis halus, dan titik hitam.

Tiga Manfaat Penting Jintan Bagi Kecantikan Kulit

3. Mempercepat Penyembuhan Gangguan Kulit
Vitamin E yang terkandung di dalam jintan juga bisa menyembuhkan. Minyak yang terbuat dari jintan sering digunakan sebagai obat rumahan yang efektif dalam mengobati berbagai permasalahan kulit, seperti psoriasis, eczema, jerawat, dan bekas jerawat.
(samsul arifin – harianindo.com)