Florida – Presiden China Xi Jinping tiba bersama Ibu Negara Peng Liyuan di Resor Mar-a-Lago, Florida, Amerika Serikat (AS) untuk bertemu Presiden Donald John Trump. Ketua Partai Komunis China itu sebelumnya melakukan kunjungan kenegaraan ke Finlandia.

Donald Trump Lakukan Pertemuan dengan Presiden China di Florida

Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara Melanija Knavs langsung melakukan jamuan makan malam kenegaraan di resor tersebut bagi Presiden Xi Jinping. Jelang jamuan, Presiden Donald Trump mengatakan telah melakukan diskusi panjang dengan Presiden Xi Jinping serta siap membangun kemitraan.

“Ada ribuan alasan untuk membuat hubungan China-AS bekerja dengan baik, dan tidak ada alasan untuk menghancurkannya,” ujar Presiden Xi Jinping sebagaimana diberitakan Straits Times pada Jumat (7/4/2017). Ia juga mengundang Presiden Trump untuk mengunjungi China sebagai kunjungan balasan.

Sementara itu, Presiden Donald Trump dengan senang hati menerima undangan dari Presiden Xi Jinping tersebut. Politikus Partai Republik itu berharap dapat segera mengunjungi Negeri Tirai Bambu secepatnya.

Pertemuan antara Presiden Trump dengan Presiden Xi dijadwalkan berlangsung selama dua hari di resor pribadi milik Presiden AS tersebut. Sejumlah agenda siap dibahas kedua pemimpin tersebut, salah satunya adalah isu program pengembangan nuklir dan uji coba rudal balistik Korea Utara (Korut). (Tita Yanuantari – harianindo.com)