Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Waspadai Gejala Tumor Otak Berikut Ini

Waspadai Gejala Tumor Otak Berikut Ini

Jakarta – Tumor otak hadir dalam bentuk serta ukuran yang beragam, begitu juga dengan gejalanya. Menurut Theodore Schwartz yang merupakan ahli bedah saraf, kunci untuk gejala tumor benar-benar bergantung pada lokasi tumor berada.

Waspadai Gejala Tumor Otak Berikut Ini

Tumor Otak

Semisal, apabila Anda memiliki tumor di dekat bagian otak yang mengontrol tangan atau penglihatan Anda, gejala yang mungkin dialami seperti kelemahan ekstrim atau pandangan yang kabur.

Theodore mengungkapka

n, beberapa kelainan genetik dapat menyebabkan tumor otak. Namun, mayoritas tumor timbul pada orang tanpa faktor risiko yang diketahui atau faktor predisposisi. Anak-anak dan orang dewasa di atas 60 tahun lebih mungkin megembangkan tumor.

Berikut ini adalah beberapa tanda tumor otak atau gejala yang lebih umum dan harus diwaspadai seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (9/4/2017):

1. Serangan
Terlepas dari apapun jenis tumor Anda, kejang sering menjadi salah satu tanda pertama dari masalah pada otak. Iritasi dari tumor membuat neuron otak tak terkendali dan Anda akan mendapatkan gerakan yang abnormal. Seperti tumor, kejang juga memiliki banyak bentuk. Anda bisa mengalami kejang seluruh tubuh, menyentak atau meregangkan terbatas pada satu tungkai atau bagian dari wajah Anda.

2. Kaku
Jika Anda berjuang dengan keseimbangan tubuh, langkah yang menghilang, kaku di lengan, kaki atau tangan, ini bisa jadi tanda dari masalah pada otak. Kesulitan berbicara, menelan ,dan mengontrol ekspresi wajah adalah beberapa kekakuan atau kejanggalan yang bisa muncul di kepala Anda.

3. Mati rasa
Seperti kaku, kehilangan rasa di bagian tubuh atau wajah adalah suatu hal yang harus Anda waspadai. Terutama jika bentuk tumor ada di batang otak, tempat di mana otak Anda menghubungkan dengan tulang belakang, sehingga Anda akan mengalami mati rasa atau gerakan yang aneh.

4. Perubahan ingatan atau berpikir
Meskipun tumor dapat menyebabkan pergeseran besar dalam perilaku atau kepribadian seseorang, orang dengan tumor lebih mungkin memiliki masalah dengan ingatan, merasa bingung atau menderita masalah pemikiran yang kurang dramatis.

5. Mual
Merasa mual atau sakit perut, terutama jika gejala-gejala yang terjadi terus menetap dan tidak dijelaskan, ini bisa jadi pertanda tumor otak.

6. Perubahan penglihatan
Penglihatan yang kabur, pandangan yang ganda dan kehilangan penglihatan dapat dikaitkan dengan tumor. Anda juga kemungkinan dapat melihat bayangan atau bentuk yang mengambang dan sering dikenal sebagai aura.

Baca juga: 3 Penyebab Wajib Minum Air Putih di Pagi Hari

7. Sakit kepala yang tak biasa
Meskipun banyak orang yang menganggap sakit kepala sering tidak dijadikan indikator awal tumor otak, namun menurut Schwartz, sakit kepala dapat datang dengan tumor yang sangat besar. Namun, biasanya sakit kepala ini bukan gejala awal yang muncul. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah 5 Jenis Teh yang Paling Ideal untuk Melangsingkan Tubuh

Inilah 5 Jenis Teh yang Paling Ideal untuk Melangsingkan Tubuh

Jakarta – Teh adalah jenis minuman yang amat bermanfaat bagi tubuh Amda. Tak hanya sebagai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis