London – Keberhasilan Antonio Conte yang sukses membawa Chelsea juara Liga Primer Inggris 2016/17 dinilai sebagai bukti bahwa sepakbola Italia, semakin diakui kehebatannya. Pujian tersebut datang dari mantan pelatih Leicester City, Claudio Ranieri.

Keberhasilan Antonio Conte Dinilai Sanggup Harumkan Sepakbola Italia

Antonio Conte

Dalam musim debutnya di Inggris, Conte menyegel titel liga setelah mengantar Chelsea menang 1-0 atas West Bromwich Albion, pada Jumat (12/5/2017), yang memastikan perolehan poin The Blues tidak akan bisa terkejar di puncak klasemen. Mantan juru taktik Juventus tersebut sanggup membangkitkan Chelsea dari keterpurukan usai musim lalu finis di peringkat kesepuluh.

Ia menjadi pelatih keempat yang berasal Italia yang memenangi Liga Primer setelah Carlo Ancelotti, Roberto Mancini, dan Ranieri. Nama terakhir bahkan mampu mengejutkan dunia dengan menjadi juara bersama tim semenjana Leicester City di musim lalu sebelum dipecat pada Februari lalu. Ranieri pun menilai kesuksesan Conte di musim ini kian mengharumkan sepakbola Italia.

“Saya bangga bisa menyerahkan tongkat estafet juara Liga Primer kepada Antonio Conte: dari orang Italia ke orang Italia. Ini adalah sebuah pengakuan akan sekolah kepelatihan kami [Italia],” kata Ranieri kepada La Gazzetta dello Sport, Sabtu (13/5/2017).

Baca Juga : Skuad Basket Merah Putih Berhasil Tumbangkan Malaysia

“Setelah dongeng saya di Leicester, dimulailah petualangan hebat Chelsea ini. Tidak mudah untuk menjadi juara di kesempatan perdana, tetapi Conte telah melewati semua ujian yang ada: mampu mengurus tim dengan baik, memiliki hubungan yang baik dengan pihak luar, termasuk media. Kinerja seorang manajer di sebuah klub memang tidak terbantahkan,” jelasnya.

(bimbim – www.harianindo.com)