Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Akan Pilih 9 Tokoh Untuk Duduk di UKP PIP. Siapa Saja Mereka?

Jokowi Akan Pilih 9 Tokoh Untuk Duduk di UKP PIP. Siapa Saja Mereka?

Jakarta – Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) yang telah dibentuk oleh Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila akan berisi sekitar sembilan orang tokoh yang akan bertanggung jawab untuk memperkuat pengamalan Pancasila.

Jokowi Akan Pilih 9 Tokoh Untuk Duduk di UKP PIP. Siapa Saja Mereka?

Siapa saja sembilan tokoh tersebut?

“Nanti kelembagaannya terdiri atas dewan pengarah dan eksekutif. Dewan pengarah komponennya ada tiga, yakni negara, tokoh masyarakat, dan tokoh agama. Kira-kira ada sembilan orang,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (1/6/2017).

Mereka yang duduk di UKP PIP akan ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program pembangunan, termasuk pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan, dan berbagai program lain.

“Dalam waktu dekat, Pak Presiden akan menerbitkan (keppres) keputusan presiden untuk menentukan siapa saja dewan pengarah dan kepala eksekutifnya,” ujarnya.

“Lembaganya juga belum dibentuk, tapi mandatnya jelas, yakni meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengalaman Pancasila (P4) kalau kita gunakan bahasa populer. Nanti detailnya kita lihat di perpres,” tambahnya.

Selain itu, lembaga yang baru dibentuk ini juga akan memikirkan inovasi apa yang bisa bisa dipakai dalam pembelajaran Pancasila sesuai dengan perkembangan teknologi dan model pendidikan.

“Saya yakin juga banyak inovasi yang akan dikembangkan lembaga ini. Tunggu terbentuk dulu. Mereka akan merumuskan program lebih detail,” tuturnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ayahnya Diacuhkan Puskesmas, Sang Anak Gebrak Meja Dokter

Ayahnya Diacuhkan Puskesmas, Sang Anak Gebrak Meja Dokter

Berastagi – Martalena Girbang, anak dari BDJ Girbang, pasien sesak nafas yang berobat di Pusat ...