Jakarta – Baru-baru ini, putra ketiga Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dilaporkan ke polisi lantaran dianggap menyebarkan ujaran kebencian dan penodaan agama gara-gara vlog-nya yang berjudul #BapakMintaProyek.

Wow, Kira-Kira Segini Penghasilan Kaesang Sebagai Vlogger

Meski kasus ini kabarnya kemudian dihentikan lantaran polisi tidak menemukan adanya unsur pidana namun yang menjadi menarik adalah perkataan Kaesang pada video tersebut yang meminta proyek kepada ayahnya lantaran penghasilannya di YouTube dianggapnya terlalu kecil.

Tentu saja pernyataan Kaesang ini hanya untuk menyindir anak pejabat yang memanfaatkan kedudukan orang tuanya untuk mendapatkan proyek.

Lantas berapa sebenarnya penghasilan Kaesang yang memang dikenal gemar sekali membuat vlog lewat YouTube ini?

Untuk diketahui, YouTube biasanya akan memberikan USD 50-100 atau setara dengan Rp 600 ribu – Rp 1,3 juta kepada pemilik akun yang videonya mendapatkan jumlah 100 ribu views. Namun hal ini tergantung beberapa faktor dan syarat yang ditentukan.

Dari perhitungan situs Social Blade, Kaesang Pangarep diperkirakan mendapat penghasilan sekitar USD 720 atau Rp 9,6 juta hingga US$ 11.500 atau setara dengan Rp 154 juta setiap bulannya.

Angka yang hampir sama juga ditunjukkan oleh situs Dbase Tube yang menaksir pendapatan Kaesang dari YouTube sebesar USD 11.220 atau sekitar Rp 150 juta per bulan.

Bila dihitung dalam setahun, maka Kaesang memperoleh Rp 1,7 miliar.

Tentu saja angka ini hanyalah perkiraan saja dan besarnya masih dipengaruhi oleh beberapa faktor dan aturan yang berlaku di YouTube.

Apalagi dalam beberapa bulan terakhir ini banyak perusahaan yang menarik iklannya dari YouTube sehingga berpengaruh terhadap penghasilan para kreator.
(samsul arifin – harianindo.com)