Home > Ragam Berita > Internasional > Kim Jong-un Tegaskan Siap Luncurkan Nuklir

Kim Jong-un Tegaskan Siap Luncurkan Nuklir

Pyongyang – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, mengatakan dia siap melakukan dialog terbuka dengan Korea Selatan pada tahun baru ini. Tetapi memperingatkan Amerika Serikat bahwa tombol nuklir di meja siap ditekan jika diancam.

Kim Jong-un Tegaskan Siap Luncurkan Nuklir

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat sepanjang 2017 menyusul serangkaian uji coba misil oleh Korea Utara dan ambisi Pyongyang mengembangkan program senjata nuklir.

Dalam sebuah pidato menyambut tahun baru, Senin, 1 Januari 2018, Kim mengatakan, memperbaiki hubungan antara Korea Utara dan Selatan adalah masalah mendesak.

“Ini adalah masalah serius. Oleh karena itu, seluruh bangsa Korea harus menyelesaikannya,” ucapnya sebagaimana diberitakan Al Jazeera pada Selasa (2/1/2018).

“Kontak dan dialog antara Utara dan Selatan akan meningkatkan pertukaran dan kerjasama. Kita juga harus menghilangkan kesalahpahaman dan ketidakpercayaan karena kita bertanggung jawab atas peran kita sebagai agen utama penyatuan kembali bangsa Korea,” katanya.

Baca juga: Dukung Demonstrasi di Iran, Trump Tuai Kecaman

Sementara itu dari Seoul diperoleh informasi kantor Kepresidenan Korea Selatan menyambut baik isi pidato Kim. Menurut laporan kantor berita Korea Selatan, Yonhaps, Istana Presiden juga menyambut baik usulan pengiriman atlet Korea Utara ke Olimpiade musim dingin di Pyeongchang bulan depan.

“Kami menyambut baik keinginan Kim mengirimkan delegasi dan mengusulkan perundingan demi perbaikan hubungan antarbangsa Korea,” kata juru bicara Presiden Korea Selatan, Park Soo-hyuun. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bocah 16 Tahun Habisi Seluruh Keluarganya Pada Malam Tahun Baru Dengan Senjata Sang Ayah

Bocah 16 Tahun Habisi Seluruh Keluarganya Pada Malam Tahun Baru Dengan Senjata Sang Ayah

New Jersey – Peristiwa tragis terjadi di New Jersey, Amerika Serikat, tepat beberapa menit sebelum ...