Jakarta ā€” Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akhirnya mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo yang berisi permohonan maju dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

Khofifah Segera Layangkan Surat Pengunduran diri kepada Jokowi

“Insya Allah hari ini saya menyampaikan surat izin mendaftar dan mohon mengikuti proses kontestasi,” kata Khofifah di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

“Sekaligus jika sudah ditetapkan sah menjadi bakal calon gubernur, saya mohon diizinkan mengundurkan diri dari keanggotaan kabinet,” tambahnya.

Menurut Khofifah, ia telah menugaskan bawahannya menyampaikan surat itu kepada Presiden. “Sore ini mungkin (surat masuk). Saya coba cek, ya, karena ada yang sudah saya tugaskan,” kata Khofifah.

Dia juga menambahkan, menurut rencana, pada Rabu (10/1/2018), dirinya bersama pasangannya, yakni Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak, akan mendaftar ke KPU Jatim.

Baca juga: Terkait Permintaan ke BPN, Anies Tegaskan Bakal Terima Konsekuensi

“Besok, terakhir, ya, pagi,” kata Ketua Umum Muslimat Nahdhatul Ulama tersebut.

Presiden Jokowi sebelumnya menegaskan, begitu surat permohonan pengunduran diri sampai ke mejanya, ia langsung akan memutuskan. “Suratnya nanti sampai ke meja saya dulu, akan langsung saya putuskan. (Sekarang) ini belum sampai ke meja saya,” ujar Jokowi di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (8/1/2018). (Tita Yanuantari ā€“ harianindo.com)