Jakarta – Pada umumnya, buah alpukat dijus, dijadikan salad, atau es buah. Namun, pada kali ini, alpukat bakal digoreng. Hal ini merupakan salah sati variasi cara lain dalam mengolah buah alpukat supaya kian lezat disantap.

Resep : Alpukat Goreng Crispy Yang Unik dan Praktis

Jenis maupun kualitas alpukat yang baik bisa mempengaruhi cita rasa. Sedangkan untuk membuat gorengan alpukat pilihlah buah alpukat yang tidak terlalu matang atau masih agak sedikit mengkal supaya mudah dibentuk.

Cara memilih alpukat yang baik tidaklah sulit, terlebih lagi ada tips dan trik jitu yang banyak bertebaran di medsos mengenai cara menyimpan (memeram) alpukat biar matang merata dan mulus sempurna, yaitu dengan cara memotong sedikit ujung atau pangkal buah, lalu ditutup tisu dan direkatkan dengan selotip.

Beginilah resep cara membuat Alpukat Goreng Crispy :

Bahan-bahan alpukat goreng crispy :

  • 2 buah alpukat matang tapi tidak terlalu matang
  • 2 butir telur
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung roti atau panir kasar
  • ½ sdt garam
  • ¼ sdt merica/lada bubuk
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara membuat alpukat goreng :

  1. Belah alpukat menjadi 2 bagian memanjang, lalu keluarkan bijinya. Bentuk dengan goresan ujung pisau sesuai selera (gores hanya bagian daging saja sebagai tips agar tidak beresiko pahit), bisa berbentuk memanjang atau setengah lingkaran.
  2. Selanjutnya ambil daging alpukat yang sudah dibentuk dengan bantuan sendok, sebaiknya tidak menyendok terlalu dalam agar tidak pahit karena mengena kulit.
  3. Letakkan terigu dan tepung roti masing-masing dalam wadah terpisah, sedangkan telur dikocok atau aduk bersama garam dan merica pakai sendok hingga rata dalam wadah lainnya. Setelah mempersiapkan bahan, baru kita mulai prosesnya.
  4. Gulingkan potongan alpukat tadi ke tepung terigu, kemudian celupkan pada kocokan telur, berikutnya gulingkan ke tepug roti. Lakukan secara merata pada setiap potongan alpukat.
  5. Panaskan minyak dalam wajan, goreng alpukat yang sudah dilapisi tepung roti hingga kuning keemasan. Angkat dari penggorengan lalu tiriskan, alpukat goreng crispy sudah siap disantap, atau tambahkan aneka toping sesuai selera.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)