Jakarta – Es gabus adalah salah satu jajanan yang cukup populer pada anak sekolahan dari tempo dulu. Kini, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memakai susu dan tanpa santan, atau bisa juga susu diganti dengan santan, ataupun kombinasi keduanya.

Resep : Cara Membuat Es Gabus Yang Unik Dan Lembut Di Mulut

Proses pembuatan jajanan yang satu ini bisa dibilang sangat mudah dan praktis, hanya dengan menggunakan tepung hunkwe sebagai bahan dasarnya. Keunikan dari es gabus ini karena memiliki tekstur yang keras dan padat layaknya es, namun lembut ketika digigit bahkan paling enak diemut, makanya terkenal dengan sebutan es gabus atau es busa.

Penampilan jajanan yang satu ini pun semakin menarik dengan memberikan warna warni yang berbeda pada setiap lapisnya. Berikut ini resep cara membuat Es Gabus yang unik :

Resep es gabus :

  • 1 bungkus tepung hunkwe
  • 250 ml susu cair
  • 150 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 450 ml air
  • Pewarna atau pasta kue sesuai selera

Cara membuat es gabus :

  1. Campurkan air dengan susu, gula pasir, garam, aduk rata kemudian masukkan tepung hunkwe. Aduk adonan hingga benar-benar merata, selanjutnya bagi menjadi 3 bagian adonan yang sama banyak untuk membuat 3 lapis es gabus.
  2. Beri pewarna atau pasta kue pada masing-masing adonan berdasarkan warna yang diinginkan, aduk rata serta saring adonan bila perlu.
  3. Masak adonan untuk lapisan yang pertama hingga benar-benar mendidih (meletup-letup) dan adonan menjadi cukup kental namun masih bisa dituang (jangan terlalu encer, kekentalan akan mempengaruhi tekstur es gabus). Angkat dan tuangkan adoanan ke dalam cetakan/loyang persegi, bisa alasi loyang dengan alumunium foil atau plastik agar nantinya adonan es gabus menjadi sangat mudah untuk dikeluarkan.
  4. Biarkan sebentar agar uapnya hilang atau lapisan pertama agak dingin, tips supaya lapisan warnanya menjadi rapih atau tidak rusak saat ditimpa lapisan berikutnya. Sambil lanjutkan memasak adonan untuk lapisan kedua dengan cara yang sama, begitu juga untuk lapisan ketiga.
  5. Sebelum memasukkan adonan lapisan berikutnya, tusuk-tusuk dengan garpu atau lidi agar setiap lapisan menjadi lebih merekat sehingga lebih mudah dibungkus.
  6. Setelah semua adonan sudah dimasukkan ke dalam loyang, berikutnya adalah mendinginkan adonan lapis tersebut. Agar lebih cepat bisa dimasukkan ke dalam kulkas bagian bawah hingga adonannya padat, selanjutnya keluarkan dari cetakan.
  7. Potong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan (basahi pisau dengan air jika sedikit lengket), lalu bungkus rapih dengan plastik. Tahap terkahir menyimpannya ke dalam freezer hingga membeku atau sudah menjadi es, es gabus pun sudah siap disantap.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)