Jakarta – Menggosok gigi merupakan cara yang paling umum dilakukan untuk membersihkan gigi. Tetapi, kebiasaan yang normalnya dilakukan dua kali sehari ini ternyata belum tepat dipraktikkan oleh sebagian besar orang.

Inilah Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggosok Gigi

“Sikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur,” ucap drg. Hardini Dyah Astuti, Sp.Perio dalam peluncuran Sensodyne Repair & Protect baru pada Selasa (27/2/2018).

Drg Hardini menambahkan, usai sarapan sebaiknya menunggu sekitar 30 menit sebelum menggosok gigi. Hal ini dikarenakan menggosok gigi tepat setelah sarapan dapat membuat enamel (lapisan teratas gigi) mengikis karena masih menempelnya asam yang berasal dari makanan.

Dengan demikian, dianjurkan untuk menunggu hingga tak ada reaksi yang bisa muncul antara pasta gigi dan enamel. Kemudian, drg. Hardini juga menekankan pentingnya menggosok gigi sebelum tidur. “Kotoran dalam gigi yang menumpuk seharian harus dibersihkan.”

Tetapi, bagaimana apabila seseorang makan lebih dari batas normal dan merasa perlu menggosok gigi lebih dari jumlah batas wajar?

“Tidak pengaruh berapa kali makan, tetap saja dua kali sehari cukup,” pungkasnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)