Jakarta – Menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara telah memberikan ultimatum akan memblokir platform Facebook jika memang nantinya ada kebocoran informasi terkait data pribadi para pengguna Indonesia.

Menkominfo Bakal Blokir Facebook Jika Data Pengguna Disalahgunakan Pada Pilpres 2019

Kantor Facebook Indonesia

Dilansir Bloomberg, Kamis (05/04/2018), Rudiantara telah mencurigai sejumlah pihak baik individo maupun kelompok terorganisi yang sudah bersiap untuk mengeksploitasi media sosial guna keperluan politik. Khususnya untuk mempengaruhi hasil polling dari pemilu mendatang.

Rudiantara mengatakan bahwa jika benar nantinya media sosial besutan Mark Zuckerberg gagal menghentikan penyebaran berita palsu jelang Pilpres 2019 nanti, maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk memblokir platform Facebook di Indonesia secara langsung.

Baca juga : Skandal Pencurian 50 Juta Data Profil Facebook Untuk Kepentingan Politik di AS Terbongkar

“Jika saya harus memblokirnya, saya akan melakukan itu,” tegas Rudiantara.

Kekhawtiran tersebut tentu beralasan setelah kejadian penyalahgunaan 50 juta data pengguna Facebook oleh pihak ketiga untuk kepentingan pemilihan politik di Amerika Serikat.

Facebook juga dikabarkan tengah memperbaiki kepercayaan para pengguna dengan berkomitmen untuk melindungi informasi para penggunanya. Selain itu, Facebook juga berupaya mencegah adanya penyalahgunaan informasi dan memberikan lebih banyak akses ke pengguna untuk mengontrol data mereka.
(Muspri-harianindo.com)