Jakarta – Dalam acara sosialisasi Pancasila di Kampung Betawi kemarin, Sandiaga Uno menekankan pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sandiaga Anggap Pencuri Penutup Saluran Air di Underpass Mampang Tak Pancasilais

Selain itu kemudian dirinya singgung pihak-pihak tak bertanggung jawab yang jadi penyebab hilangnya 25 penutup saluran air (steel grating) di underpas Mampang yang dicuri.

“Nyabut penutup gorong-gorong itu bukan pancasilais,” singgung Sandiaga saat berpidato.

Sandi menilai bahwa sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia, Pancasila penuh dengan nilai. Aksi mencuri penutup saluran tersebut menurutnya adalah sikap yang mencederai nilai-nilai Pancasila.

“Jelas bahwa Pancasila itu penuh dengan nilai-nilai empati, nilai-nilai kepedulian, nilai-nilai berbagi, mengambil penutup saluran air di Mampang Kuningan yang baru saja diresmikan itu sangat tidak pancasilais,” sindirnya.

“Jadi aktualisasi seperti apa yang kita inginkan adalah, masyarakat mengerti kalau dia pancasilais dia mengerti aksinya itu membahayaka keselamatan pengguna jalan, terutama yang mengendarai motor, mobil, sepeda, itu berbahaya sekali apalagi kalo penerangannya tidak cukup. Bukan hanya itu, itu bukan hak dia, ini insfrastruktur publik,” kata dia.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)