Jakarta – Gerakan Galang Perjuangan yang menggalang dana dari masyarakat yang akan digunakan untuk kepetingan kampanye Partai Gerindra memang banyak menjadi buah bibir belakangan ini. Semenjak digelar tiga hari lalu, gerakan ini sukses mengumpulkan dana ratusan juta dari masyarakat.

Gerindra Menyebut Ada Yang Menyumbang Rp 15 Juta Untuk Penggalangan Dana Prabowo

“Sampai tadi malam donasi tiga hari di-launching sudah mencapai Rp 296 juta. Tertinggi penyumbang Rp 15 juta, terendah penyumbang Rp 1000,” terang Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2018).

Menurut Muzani, warga yang memberikan sumbangan dari berbagai latar belakang dan lapisan dengan tujuan memberikan dukungan pada partainya dalam berjuang menuju Pemilu 2019 mendatang. Wakil Ketua MPR ini mengatakan, ada tujuh poin yang ditekankan bagi para calon penyumbang. Tujuh poin ini dicantumkan dalam surat penyataan yang ditandatangani penyumbang.

Ketujuh poin tersebut antara lain yakni bahwa dana yang disumbangkan bukan dari dana korupsi atau bagian praktik hitam lainnya. Disamping itu, para penyumbang juga harus memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada Prabowo Subianto untuk menggunakan dana tersebut dalam rangka perjuangan partai.

Menurut Muzani, perjuangan politik memerlukan dukungan dari masyarakat. Dukungan bisa berupa pernyataan maupun dana serta kegiatan dan doa. Galang dana ini juga untuk melihat seberapa besar dukungan dari masyarakat kepada Prabowo Subianto yang digadang-gadang akan menjadi capres.

“Semakin banyak masyarakat terlibat dalam proses perjuangan politik akan semakin besar perasaan kita kalau kita berjuang tidak bertepuk sebelah tangan,” kata Muzani.

Untuk kegiatan apa saja dana tersebut bakal digunakan. Namun, Muzani tak menyebutkan secara spesifik apa saja kegiatannya. Ia hanya menyebut akan digunakan untuk perjuangan politik. Penggalangan dana ini penting karena kemampuan partai untuk membiayai perjuangan politik terbatas. Sementara biaya politik sangat tinggi.

“Salah satu dari tujuh poin yang disebutkan adalah mereka memberikan kepercayaan kepada Pak Prabowo untuk menggunakan dana ini untuk perjuangan politik,” ujarnya

“Sehingga kami merasa perlu bareng-bareng dengan masyarakat, mereka sahabat-sahabat, kawan-kawan seperjuangan untuk berempati dan bersimpati kepada perjuangan kami dengan cara mengeluarkan sumbangan sebesar apapun,” jelasnya.

Partai Gerindra berkomitmen akan menyampaikan secara transparan akuntabilitas dana ini. Pihaknya juga akan mempertanggungjawabkan penggunaan dana ini dan akan melibatkan akuntan publik.

“Jumlahnya berapa dan dari berapa nama akan disampaikan,” jelasnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)