Surabaya – Baru-baru ini, Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Timur memberikan mendukung Joko Widodo ketimbang Prabowo Subianto sebagai calon Presiden RI dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Pemilihan ini melalui pemungutan suara di sela Rakorda di Surabaya, Sabtu (21/7/2018).

Jokowi Mendapat Dukungan Dari DPD Partai Demokrat Jawa Timur

“Ini bagian dari proses internal menghadapi Pemilihan Presiden tahun depan,” ujar Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio di sela Rakorda.

Proses pemungutan suara terbuka diikuti seluruh anggota Fraksi Demokrat di DPRD, baik tingkat Kabupaten/Kota maupun Provinsi, 38 Ketua DPC, dan 5 perwakilan DPD. Dari dua pilihan calon, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Hasilnya, 152 suara untuk Jokowi, 56 suara untuk Prabowo, dan enam suara dinyatakan tidak sah.

Dia menilai, proses yang dilakukan oleh partainya adalah arah dukungan yang tidak ditentukan secara aklamasi. Hasilnya juga tidak mutlak condong ke satu calon secara khusus.

“Hasilnya akan segera dilaporkan ke DPP oleh Ketua DPD Demokrat Soekarwo. Dalam waktu dekat ini beliau akan ke Jakarta,” ucap anggota DPRD Jatim tersebut.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)