Jakarta – Uji coba penerapan sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) ditunda. Berdasarkan jadwal, uji coba seharusnya dilakukan Rabu (14/11/2018).

Dishub DKI Beberkan Alasan Penundaan Uji Coba Penerapan ERP

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan penundaan adalah efek domino mundurnya jadwal proof of concept (PoC). Belum diketahui kapan ERP bakal dites.

“Jadi jadwal PoC sebagai bagian dari evaluasi teknisnya juga mengalami penundaan,” kata Sigit dalam pesan tertulis, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Sigit menyampaikan uji coba dilakukan untuk mengetahui hasil teknis perusahaan yang menyediakan ERP. Uji coba akan menentukan pemenang tender ERP.

Saat ditanya soal lokasi uji coba, Sigit belum mau menjawab. “Uji coba yang dilakukan adalah bagian dari proses tender. Kaitan evaluasi teknis,” kata dia.

Sebanyak 250 kendaraan sedianya akan diikutsertakan dalam uji coba ERP. “Ada yang dipasangi on board unit (OBU) di 250 kendaraan. Ada roda dua, roda empat, bus, dan truk,” kata dia.

Uji coba untuk mengetahui kemampuan teknologi dari penyedia ERP. Hingga saat ini, tiga perusahaan yang tersisa diseleksi menjadi penyedia teknologi ERP di Jakarta. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)