Jakarta – Pada Minggu (18/11/2018) pagi, Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, sempat ditutup. Akan tetapi, kawasan itu telah dibuka kembali untuk masyarakat umum sekitar pukul 11.00 WIB siang.

Kawasan Monas Yang Sempat Ditutup, Sudah Dibuka Kembali Untuk Umum

“Sudah koordinasi dengan kepolisian, Monas sudah bisa dibuka. Sudah normal kembali untuk pelayanan,” ujar Kepala Seksi Ketertiban Kantor Pengelola Kawasan Monas Yayang Kustiawan ketika dihubungi.

Menurut Yayang, kawasan Monas sempat ditutup atas arahan polisi dengan alasan pengamanan. Sekelompok massa mulanya akan menggelar silaturahmi kekhilafahan Islam dunia di Monas pada pagi tadi. Namun, kegiatan tersebut tak mendapat izin dari pihak kepolisian dan pengelola Monas.

“Karena tak ada izin dari kepolisian dan (pengelola) Monas, dikhawatirkan mereka memaksa masuk dan terjadi hal-hal yang tak diinginkan, maka diarahkan Kapolres (Jakarta Pusat) supaya ditutup sementara,” kata Yayang.

Yayang menilai bahwa aparat keamanan dari pihak kepolisian dan pengelola Monas sempat ditambah pada pagi tadi. Namun, pengamanan Monas saat ini sudah kembali seperti hari-hari biasanya.

“Untuk sehari-hari memang ada (aparat keamanan) yang ditempatkan di Monas. Cuma untuk jumlahnya karena tadi jadi area yang diantisipasi, jadi ditambah. Kalau sekarang sudah normal,” ucap Yayang.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)