Jakarta – Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diminta untuk jujur dalam mengakui prestasi Presiden Jokowi. Permintaan tersebut datang dari Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin (TKN Jokowi-Ma’ruf) Ace Hasan Syadzily.

Ace Anggap Kritik Pihak Oposisi Soal Tol Trans Jawa Tidak Berdasarkan Fakta

“Inilah kalau pihak yang tidak memiliki klaim prestasi, tetapi untuk mengakui keberhasilan prestasi orang lain saja sulit untuk menerimanya. Perlu kejujuran untuk mengakui apa yang telah diperbuat oleh pemerintahan Jokowi,” kata Ace dalam keterangan yang diterima, Jumat (21/12/2018).

Ketua DPP Partai Golkar tersebut, juga menilai bahwa kritik yang sering disampaikan oleh pihak oposisi terkait pembangunan Tol Trans Jawa tidak berdasarkan dengan fakta dan data yang ada. Padahal, lanjut Ace, masyarakat merasa sangat bersyukur di era Jokowi lah Tol Trans bisa terhubung.

“Dan sebagian besar pembangunan jalan tol itu dilakukan dalam pemerintahan Jokowi dalam waktu yang singkat, empat tahun,” ujar dia.

Ace pun mengajak kubu Prabowo-Sandi untuk membaca data terlebih dahulu. Panjang jalan Tol Trans Jawa dari Merak hingga Banyuwangi adalah 1.150 kilometer. Jarak dari Merak hingga Pasuruan sepanjang 933 kilometer. Pembangunan 933 kilometer itu dibangun sejak 1978 hingga akhir 2018.

Sebagai gambaran, 242 kilometer dibangun pada periode 1978-2004, kemudian pada 2005-2014 dibangun 75 kilometer. Sepanjang 616 kilometer, dibangun pada periode 2015-2018. Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, menurut dia, memperkirakan ruas Pasuruan – Banyuwangi sepanjang 217 kilometer akan tuntas dibangun pada 2021.

Ace mengakui perencanaannya sudah dilakukan lama di era-era pemerintahan sebelumnya. Oleh sebab itu, Ace menegaskan apa yang dilakukan Jokowi adalah sebuah bentuk kerja yang jelas, nyata, terukur sekaligus mendorong produktivitas ekonomi rakyat.

“Namun, kemampuan untuk melakukan implementasi dan eksekusi kebijakan, ini memerlukan kepemimpinan yang tak hanya bicara, tapi bekerja. Pak Jokowi telah mampu mengimplementasikan dengan baik,” tegas Ace.

“Insya Allah dengan tersambungnya Tol Trans Jawa ini dapat memberikan kesejahteraan dan kemaslahatan bagi rakyat Indonesia,” pungkas Ace.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)