Jakarta – PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta Koridor I Fase I akan rampung antara Januari-Februari 2019. Rute LRT Koridor I Fase I membentang dari Velodrome Rawamangun di Jakarta Timur ke Kelapa Gading di Jakarta Utara sepanjang 5,8 kilometer (km).

PT Jakpro Pastikan LRT Jakarta Dioperasikan Mulai Januari 2019

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama LRT Jakarta, Iwan Takwin. “Target (pengoperasian) awal tahun 2019. (Antara) Januari-Februari, kita kejar kok,” katanya pada Rabu (26/12/2018).

Iwan menjelaskan Jakpro terus berupaya menyelesaikan pengoperasian LRT Jakarta Koridor I Fase I sesegera mungkin. Berdasarkan catatannya, saat ini progres pengerjaan secara keseluruhan baik sarana maupun prasarana telah mencapai 96 persen.

“Saat ini sisa (pengerjaan) itu paling ya sistem. (Lalu) proses finishing stasiun dan depo LRT,” tambahnya.

Baca juga: Sumbawa Barat Diguncang Gempa Berkekuatan 4,9 SR

Iwan bilang, saat ini 8 kereta LRT sedang melakukan proses uji coba oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dalam proses uji coba nantinya, kereta akan melewati beberapa tes agar bisa mendapatkan sertifikat kelaikan.

“Sekarang sedang uji coba progres dari Kemenhub, lalu penerbitan sertifikasi izin operasi, lalu baru uji coba, lalu uji integrasi-integrasi. Pengujian statis, dinamis, emergency, safety kondisi semua dari a sampai z,” sebutnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)