Jakarta – Empat partai lama, yakni Nasdem, PPP, PAN, dan PKS, hingga saat ini dinyatakan belum aman karena belum menembus batas parliamentary threshold 4 persen.

Survei LSI Menyebut Empat Partai Ini Belum Mencapai Batas 4 Persen

Hal ini terungkap dari hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA selama lima bulan.

“Posisi partai-partai menengah seperti NasDem, PKS, PAN dan PPP masih belum aman. Dari lima survei terakhir LSI Denny JA elektabilitas keempat partai ini masih sulit menembus angka 4 persen,” kata peneliti LSI Ardian Sopa di Graha 2 Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (8/1/2019).

LSI melakukan survei mulai bulan Agustus 2018 hingga Desember 2018 lalu, dengan melibatkan 1.200 responden. Metode yang digunakan multistage random sampling. Margin of error survei ini diklaim 2,8%.

Menurut Ardian, survei terakhir di bulan Desember menunjukkan elektabilitas keempat partai masih di bawah 4 persen. PKS (3,3 persen), PPP (3 persen), NasDem (2,8 persen), dan PAN (1,8 persen),

“Keempat partai ini kan partai lama yang punya kekuatan, pengalaman dan sumber daya masing-masing untuk lolos PT,” jelas Ardian.

“Seperti NasDem sosok Ketum yang populer, punya kekuatan media hingga banyaknya artis yang masuk caleg. PKS dikenal pandai merawat dan agresif di akhir menjelang pemilu. Kekuatan PPP dan PAN adalah pengalaman partai dan caleg menghadapi pemilu,” imbuhnya.

Khusus untuk PAN menurut Ardian, harus memilih sosok pengganti Amien Rais karena figur Amien dinilai sudah memudar.

“PAN yang selama ini mengandalkan pamor Amien Rais harus mampu mencari alternatif sumber pendobrak baru, karena pamor Amien Rais yang memudar,” sebutnya.

Dari hasil survei tersebut juga menunjukkan lima partai menduduki lima besar, yakni PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, dan Demokrat.
(samsularifin – www.harianindo.com)