Jakarta – Serangan terhadap Presiden Jokowi yang menyebutkan ada kaitannya dengan organisasi terlarang, Partai Komunis Indonesia (PKI), kini juga ‘menyentuh’ sang putra bungsu, Kaesang Pangarep.

Beredar Foto Kaesang Mengenakan Kaos Berlogo Palu Arit, Ternyata Ini Faktanya

Belum lama ini, beredar foto Kaesang Pangarep bersama dengan Gibran Rakabuming Raka. Dalam foto tersebut Gibran terlihat mengenakan kaos berwarna putih, sedangkan Kaesang mengenakan kaos warna hitam.

Yang kemudian disorot yakni logo palu arit di bagian dada kiri dari kaos yang dikenakan Kaesang.

“Anak siapakah ini? bebas gunakan T Shirt dan logo palu arit, kira” bakal dipenjara gak ya?” tulis sang pengupload foto tersebut.

Namun demikian, dari penelusuran yang dilakukan Dedy Helsyanto, member laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), foto tersebut ternyata tidak benar alias hasil editan.

“Foto Kaesang yang telah diedit ini diambil dari foto yang dilampirkan detik.com dalam berita berjudul: Saat Anak-anak Jokowi Ikut Heboh Nurhadi-Aldo. Yang ditayangkan pada Kamis 10 Januari 2019,” kata Dedy, yang dipostingnya di laman grup FB FAFHH, Senin (11/2/2019).

Di foto aslinya terlihat Kaesang mengenakan kaos berwarna hitam polos, tanpa ada gambar atau tulisan, apalagi logo palu arit.

“Jadi informasi yang beredar ini, manipulated content atau disinformasi,” lanjut Dedy.

Sebelum ini, Kaesang juga diberitakan sebagai anak PKI dan pemuda yang mengibarkan bendera berlogo palu arit.

Terkait hal ini, Kaesang justru menanggapinya dengan ringan saja.

“Trus saya harus klarifikasi gitu? Mending jualan pisang,” tulis Kaesang melalui akun Twitternya, @kaesangp, 6 November 2018.
(samsularifin – harianindo.com)