Jakarta – Juru Bicara KPK Febri Diansyah menegaskan, setiap penanganan kasus KPK perlu dilengkapi dengan alat bukti sehingga tidak serta merta memeriksa seseorang hanya berdasarkan informasi.

Rommy Sebut Nama Khofifah dan Kiai Asep Saifudin, Ini Jawaban KPK

Hal ini dijelaskan Febri menanggapi pernyataan dari mantan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy (Rommy) yang menyeret nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kiai Asep Saifudin Halim dalam kasusnya.

“Saya tidak tahu persis siapa nama-nama yang disebut tadi. Kalau menyebut nama itu kan sudah sering orang-orang yang keluar dari proses pemeriksaan kemudian menyebut nama siapa saja. Bagi KPK, yang paling penting adalah apakah ada pihak-pihak tertentu yang disebut di ruang pemeriksaan dituangkan dalam berita acara dan dilihat apakah informasi itu didukung dan sesuai dengan bukti-bukti yang lain,” ujar Febri kepada wartawan di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (22/3/2019).

Namun demikian, KPK akan menindaklanjuti sebuah informasi bila didukung dengan bukti.

“Bila informasi terkait penanganan perkara tanpa didukung bukti, kalau ternyata informasinya berdiri sendiri, maka mungkin saja tidak relevan secara hukum. Tapi kalau informasi yang disampaikan itu didukung atau berkesesuaian dengan bukti lain, bisa kita cermati lebih lanjut. Memang yang paling penting saat ini adalah proses ini diletakkan sebagai proses hukum. Jadi agar semuanya bisa diuji dengan alat bukti yang ada,” jelas Febri.

Sebelumnya, Rommy mengaku tidak memiliki kekuasaan untuk campur tangan dalam seleksi pejabat di Kementerian Agama. Terkait nama Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin dirinya mengaku hanya menyampaikan aspirasi dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kiai Asep Saifudin Halim.

“Tapi bahwa meneruskan aspirasi, apa yang saya teruskan bukan main-main. Contoh Haris memang dari awal menerima aspirasi dari ulama seorang Kiai Asep Saifudin Halim adalah pimpinan pondok pesantren dan kemudian Bu Khofifah, beliau gubernur terpilih, jelas mengatakan, ‘Mas Rommy, percayalah dengan Haris karena orang kerja bagus.’ Sebagai gubernur terpilih, beliau mengatakan kalau Mas Haris sudah kenal kinerjanya sehingga ke depan sinergi dengan Pemprov akan lebih baik,” ujar Rommy, saat jeda pemeriksaan di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (22/3/2019).
(samsularifin – harianindo.com)