Jakarta – Dalam sidang lanjutannya hari ini, Jaksa beberkan bagaimana cara terdakwa Bagus Bawana Putra menyebarkan hoax tentang 7 kontainer berisi surat suara yang telah tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Jaksa Beberkan Cara Bagus Bawana Putra Sebarkan Hoax Tentang 7 Kontainer Surat Suara

Dalam pembacaan surat dakwaan tersebut, Jaksa menuturkan dalam surat dakwaan tersebut ada seorang bernama Sugiyono alias Abdul Karim mengirimkan pesan ke grup WhatsApp bernama Gerakan Nasional Prabowo Presiden (GNPP) Provinsi Banten. Pesan itu menyebutkan Sugiyono menanyakan kebenaran informasi adanya 700 kontainer berisi 80 juta surat suara yang telah dicoblos.

“Bahwa kemudian saksi Suroso yang sebelumnya telah kenal dengan terdakwa Bagus Bawana Putra menginformasikan berita dari saksi Mujiman alias Maulana terkait kontainer berisi kertas suara yang telah dicoblos nomor satu di Tanjung Priok dijaga ketat aparat kepada terdakwa,” kata jaksa.

Bagus kemudian menerima sambungan telepon dari Suroso yang membenarkan informasi itu. Bagus juga menerima pesan WhatsApp dari Mujiman alias Maulana, yang juga membenarkannya.

Setelah itu, Bagus disebut jaksa mengirimkan pesan suara. Berikut ini isi pesan suara yang dikirim Bagus kepada Titi:

Titi sekarang ini ada tujuh kontainer di Tanjung Priuk sekarang lagi geger, Marinir sudah turun dibuka isinya kartu suara sudah dicoblos nomor 1, sudah dicoblos Jokowi itu mungkin dari Cina itu total kalau satu kontainer itu sepuluh juta suara berarti kalau ada tujuh kontainer tujuh puluh juta suara sudah dicoblos nomer satu, tolong sampeyan akses ke pak darma kek apa kek atau Gerindra Pusat untuk segera kesana ini tak kirim telepon orangku yang disana untuk bimbing ke kontainer itu ya atau syukur akses ke Pak Joko Santoso pasti marah kalau beliau ngecek kesana ya

Setelah Titi menerima, pesan suara itu disebarkan kepada beberapa grup WhatsApp lainnya. Selain itu, Bagus melalui akun Twitter @bagnatara1 turut mencuitkan tentang hal itu. Isi cuitan itu sebagai berikut:

Ada info, katanya di tanjung priuk ditemukan 7 kontainer, berisi kertas suara, yg sdh tercoblos gbr salah satu paslon.. Sy tdk tahu, ini hoax atau tdk, mari kita cek sama2 ke Tanjung priok sekarang.. Cc @fadlizon, @AkunTofa, @AndiArief_, @Fahrihamzah

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)