Jakarta – Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa kawasan yang terletak di dua kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur terpilih sebagai lokasi calon ibu kota baru. Kedua kabupaten tersebut adalah Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara.

Untuk mempersiapkan pembangunan ibu kota baru, Bupati PPU pada pertengahan Agustus lalu mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 4 hektare.

“Kami siapkan lokasi Ibu Kota di 4 kecamatan Penajam,” ujar Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud.

Gafur mengaku optimis bahwa Kabupaten PPU akan terpilih sebagai lokasi calon ibu kota. Tak hanya memiliki lahan yang luas, datar, dan kemungkinan digratiskan, PPU memang mendapat skor tinggi dari Bappenas terkait kelayakan lokasi.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Alasan Pindahkan Ibu Kota RI Ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara

Keunggulan lain yang dimiliki oleh PPU adalah lokasinya yang dekat dengan kota Balikpapan. Diketahui bahwa di Balikpapan sudah tersedia infrastruktur seperti bandara dan pelabuhan internasional.

“Selain itu, seluruh wilayah Kaltim bebas dari ancaman bencana gempa bumi atau jalur ring of fire di Indonesia,” papar Gafur.

Faktor-faktor itulah yang membuat Penajam tinggal menunggu hari pengumuman dari Presiden mengenai ibu kota baru. Ketika PPU diumumkan sebagai kabupaten yang sebagian wilayahnya akan digunakan sebagai lokasi calon ibu kota, PPU sudah siap.

“Saat Penajam resmi ditunjuk, kami akan siapkan lahan esok harinya,” kata Gafur. (Elhas-www.harianindo.com)