Jakarta – Setelah sebelumnya disebutkan bahwa Ibu Kota Indonesia akan direncanakan pindah di Provinsi Kalimantan Timur, baru-baru ini lokasi calon ibu kota telah diumumkan. Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa ibu kota baru akan dibangun di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Saya ingin menyampaikan, lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kertanegara,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/08/2019).

Sama seperti kebijakan pemerintah lainnya, rencana pemindahan ibu kota ini jelas memantik berbagai respon dari sejumlah pihak. Ada anggota parlemen yang meminta keterlibatan DPR RI dalam pembahasan mengenai ibu kota baru. Ada juga masyarakat yang menyambut wacana tersebut.

Dan sama juga seperti isu-isu yang berkembang di Indonesia, akan selalu ada netizen yang memanfaatkan kabar tersebut sebagai bahan meme. Dihimpun dari sejumlah sumber, banyak beredar meme yang menyinggung soal rencana pemindahan ibukota.

Seperti meme di bawah ini. Karena Ibu Kota Indonesia yang semula di Jakarta akan pindah ke Kalimantan Timur, maka sejumlah persiapan harus dilakukan untuk memboyong ibu kota ke Kalimantan. Termasuk Monumen Nasional (Monas) yang ikut diangkut oleh warga…

monas1

…atau diangkut menggunakan helikopter.

monas2

Bisa saja boyongan ibu kota bisa mencontoh kota Bikini Bottom, tempat Spongebob Squarepants tinggal. Cara ini jelas merupakan manifestasi dari semangat gotong royong.

bikinibottom

Jika Jakarta bukan lagi ibu kota, maka kota tersebut bisa-bisa ditinggalkan. Sampai-sampai menjadi hutan rimba baru.

jakarta1

Karena Jakarta bukan ibu kota lagi, maka prestise sebagai warga ibu kota pun hilang juga.

jakarta2

(Elhas-harianindo.com)