Jakarta – Punya mobil dengan kemanan yang super merupakan keinginan banyak orang. Apalagi mobil sekelas tunggangan Presiden seperti Mercedes-Benz S 600 Guard. Mobil keluaran Jerman itu kerap menjadi kendaraan para pemimpin negara. Di dalamnya tersemat fitur-fitur keamanan serba canggih sehingga bisa memberikan keamanan bagi penumpangnya saat melakukan perjalanan.

Mobil ini tak sembarangan bisa dimiliki semua orang lantaran banyaknya fitur kemanan yang canggih. Bahkan untuk pemesannya harus disetujui perusahaan induk Mercedes-Benz yakni Daimler.

“Pada umumnya Mercedes-Benz S-Class Guard yang spesifikasinya digunakan perwakilan negara atau kepala negara hanya dapat dipesan oleh perwakilan negara atau perusahaan yang disetujui oleh perusahaan induk Daimler,” ungkap Public Relations Manager Mercedes-Benz Indonesia Dennis Kadaruskan beberapa waktu lalu.

Pemerintah memilih secara langsung untuk mobil dinas yang nantinya akan digunakan oleh Presiden Jokowi. Dengan pertimbangan farktor keamanan. Mercedes-Benz S 600 Guard mengalahkan mobil Jerman lain yang juga disodorkan sebagai kendaraan dinas presiden yakni BMW seri 7 Security Vehicle F02.

Pihak Istana menjelaskan bahwa mobil dinas presiden yang saat ini ditunggangi Jokowi sudah tak layak pakai lantaran sering mengalami kerusakan. Usianya pun sudah menginjak 10 tahun. Mercedes-Benz S 600 Guard ini merupakan warisan dari mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dibeli tahun 2008.

“Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 Kementerian Sekretariat Negara mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui sistem penunjukan langsung, mengingat diperuntukkan bagi pengamanan Presiden dan Wakil Presiden,” tulis siaran pers dalam situs Kementerian Sekretariat Negara. (Hr-harianindo.com)