Jakarta – Baru-baru ini, Jakarta diramaikan dengan aksi pencurian kotak amal masjid yang terekam di CCTV. Video yang diunggah oleh akun @fakta.jakarta di Instagram mendadak menjadi viral.

Dalam video tersebut, nampak seorang pria paruh baya sedang membawa sebuah kotal amal berukuran besar ke luar masjid. Pria yang mengenakan baju berwarna merah tersebut memasukkan kotak amal ke dalam sebuah mobil.

Sementara pria tersebut membawa kotak amal, dalam video tersebut juga memperlihatkan seorang perempuan yang pada saat itu mengenakan baju merah muda dan berkerudung hitam. Dilihat dari gerak-geriknya, perempuan tersebut nampak mengawasi jalannya pencurian kotak amal tersebut.

Berdasarkan caption dari unggahan tersebut, diketahui bahwa lokasi pencurian tersebut di Masjid Jami Mahalul Ghufron, Ciganjur, Jakarta Selatan. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kapolsek Jagakarsa, Komisaris Harsono.

Berdasarkan keterangannya, pencurian tersebut terjadi pada Selasa (27/08/2019). Namun pihak takmir masjid baru mengurus laporan pada Rabu (28/08/2019).

“Pelapor awalnya ga bikin laporan, kita jemput pelapornya. Baru kemarin buat laporin,” kata Harsono pada Kamis (29/08/2019).

Entah apa maksudnya, kotak amal yang sempat dicuri tersebut kemudian dikembalikan oleh pelaku di tempat semula. Meski demikian, tidak diketahui berapa jumlah uang di dalam kotak tersebut.

“Pengurus masjid juga belum tahu isi kotak amal berapa. Kan belum dibuka dari hari Jumat. Jadi dia nggak tahu isinya berapa, jumlah jemaah, Johor, magrib, Isa kadang kadang kan orang nggak ngisi,” ujarnya.

Kini, pihak kepolisian masih berusaha mengungkap siapa pelaku di balik pencurian kotak amal tersebut. Pelat nomor di mobil menjadi petunjuk utama dalam pencarian tersebut. (Elhas-harianindo.com)