Bandung – Rupanya, tak hanya pemerintah pusat yang berniat untuk memindahkan ibu kota negara. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengabarkan bahwa pihaknya merencanakan untuk memindahkan ibu kota Jabar dari Kota Bandung ke lokasi lain.

Berdasarkan penuturan dari gubernur yang akrab disapa Emil itu, rencana tersebut sudah mendapat persetujuan dari DPRD Jabar. Sehingga, rencana tersebut sudah bisa ditindaklanjuti dengan melakukan kajian.

“Sudah ada persetujuan (DPRD) wacana (pemindahan) pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi,” kata Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (29/08/2019).

Mengenai alasan dari rencana tersebut, Emil mengatakan bahwa sebenarnya sama saja dengan rencana pemindahan ibu kota nasional. Ia memandang bahwa Bandung sudah tak lagi ideal sebagai lokasi pusat pemerintahan provinsi.

“Pada dasarnya secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan. Contohnya kantor-kantor pemerintahan cekclok (terpisah) dan tidak produktif,” ungkap Emil.

Untuk langkah ke depan, Emil mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan setidaknya enam bulan untuk mengkaji rencana pemindahan ibu kota. Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan dalam menentukan lokasi ibu kota Jawa Barat yang baru.

“Kajian dilaksanakan 6 bulan ke depan. Semua kemungkinan butuh kajian, minim risiko, aksesibilitas, tingkat ekonomi, ketersediaan air dan lainnya,” ujar Emil. (Elhas-harianindo.com)