Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon memberikan masukan terhadap Presiden Jokowi untuk mengunjungi Papua dan Papua Barat guna meredam konflik yang sempat memuncak belakangan ini.

“Pak Jokowi enggak usah ke mana-mana deh, langsung aja ke Papua dulu. Kalau bisa besok lusa langsung ke Papua,” ungkap Fadli Zon, Kamis (22/08/2019) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Diketahui, kericuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat akibat dari persikusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

Kerusuhan yang terjadi tidak hanya sastu kali, kerusuhan terjadi dua kali hingga berakibat pada perusakan dan pembakaran fasilitas umum oleh massa yang sudah tak terbendung amarahnya.

Menanggapi hal tersebut, Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin ‎meminta Fadli Zon sebaiknya mengatur DPR saja tidak ikut urusan orang lain.

“Enggak usah, bilang Fadli Zon urus aja DPR. Dia baru kaget, bangun barang kali atau mengigau. Orang Presiden Jokowi sudah bolak balik kayak gitu‎. Fadli Zon gimana sik,” tegas Ngabalin di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

Dikonfirmasi lebih lanjut terkait apakah diperlukan atau tidak suatu lembaga untuk mengawasi Papua? Menurut dia, sudah ada Komnas HAM yang adalah lembaga negara.

“Komnas HAM kan lembaga negara. Sebetulnya kalo kawan-kawan bisa bekerja efektif harus dilakukan, tidak boleh tidak,” tandasnya. (Hr-harianindo.com)