Jakarta – Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI Jakarta telah melakukan peresmian program pembangunan rumah dengan skema Down Payment (DP) 0 Rupiah. Pembangunan tersebut tepat berada di kawasan Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur pada Sabtu (31/08/2019).

“Tugas kami memang untuk mengecewakan. Mengecewakan orang-orang yang pesimistis terhadap rencana kami,” kata Anies.

Anies mengatakan bahwa salah satu masalah terbesar ibu kota adalah soal hunian dengan hampir 50 persen warga tinggal di rumah sewa, sementara harga properti dari tahun ke tahun terus meningkat.

Anies berkeinginan agar program DP 0 Rupiah bisa mengurangi ketimpangan sosial.

“Kami juga mendorong penghuni kendaraan untuk menggunakan kendaraan umum. Kami sudah siapkan rutenya. Lagi-lagi, kita membangun Jakarta bukan dengan spontanitas tapi dengan gagasan, dengan ketersambungan,” sambung Anies.

Pendaftaran gelombang pertama tercatat 2.359 pendaftar, untuk itu Pemprov DKI Jakarta menyeleksi hingga mengerucut ke 1.790 orang yang memenuhi syarat administrasi. Hingga proses pengajuan kredit pada awal Agustus 2019, terdapat 1.063 pemohon yang diundang.

Tepat pada hari Sabtu (31/08/2019) telah digelar ini digelar peresmian serah terima rumah ke para penghuni. Salah satunya adalah warga Tanah Abang, Ai Nurhayati. Ia telah mengantongi kunci sejak 29 Agustus 2019 lalu atau dua hari sebelum peresmian. (NRY-harianindo.com)