Jakarta – Andre Rosiade, selaku Wakil Sekretarsis Jenderal DPP Partai Gerindra menilai bahwa mobil Esemka yang baru saja dirilis. Andre menginginkan penjelasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait asal usul mobil Esemka.

Andre memposting lewat Twitter pribadinya @andre_rosiade, Andre Rosiade beranggapan bahwa mobil Esemka memiliki kemiripan dengan kendaraan yang diproduksi di China.

Menurut Andre Rosiade terdapat dua kemungkinan. Andre beranggapan bahwa mobil Esemka memang dirakit di Indonesia secara keseluruhan atau pemerintah hanya mengimpornya dari China lalu memberikan nama Esemka.

Andre mengungkap pertanyaannya lewat Twitter Presiden Jokowi dalam cuitannya.

“Mohon maaf @jokowi. Saya mau tanya kok mobil Esemka yang diresmikan kemarin mirip dengan mobil produk China alias Tiongkok. Apakah ini produksi dalam negeri atau merakit mobil dari Tiongkok tapi dikasih merk Esemka. Mohon pencerahannya pak @jokowi,” cuit @andre_rosiade, Sabtu (07/09/2019).

Eddy Wirajaya, selaku dirut membenarkan bahwa mobil Esemka bukan mobil nasional, akan tetapi mobil buatan anak bangsa atau buatan dalam negeri.

“Ini brand dan principal-nya Indonesia, ini merupakan perusahaan nasional 100 persen dimiliki swasta. Kami bukan mobil nasional seperti yang dipahami selama ini, tapi karya anak bangsa. Dan kami mengikuti setiap aturan yang ditetapkan dan aturan yang berlaku di industri ini,” kata Eddy. (NRY-harianindo.com)