Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam atau FPI Habib Rizieq Shihab tampaknya sangat memperhatikan terkait persoalan yang terjadi di Pulau Papua. Habib Rizieq menyatakan dengan tegas bahwa Papua merupakan bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

“IB HRS menyatakan bahwa Papua adalah bagian integral NKRI secara legal konstitusional maupun menurut hukum Internasional. Rakyat Papua adalah saudara sebangsa dan setanah air,” ujar Habib Rizieq dalam pesan singkat yang disampaikan melalui Juru Bicara FPI Munarman, Minggu (08/09).

Habib Rizieq percaya bahwa persoalan di Pulau Papua, dipantik oleh segelintir oknum separatis. Kelompok itu yang dituding telah melakukan provokasi hingga tersulut aksi yang memecah belah Papua.

“IB HRS juga sudah memperingatkan bahaya kelompok separatis ini bertahun-tahun sebelumnya,” sambung Munarman.

Lebih lanjut, Habib Rizieq mengharapkan bahwa pemerintah tidak mengalihkan isu terkait persoalan yang terjadi di Papua dengan menuding keterlibatan pihak asing. Terlebih lagi dengan mengaitkan dengan ISIS terkait persoalan di Papua.

“Jangan mengalihkan isu di Papua ke ISIS. Kelihatan sekali tidak cerdas itu pengalihannya,” pungkas Habib Rizieq dalam pesan singkat yang disampaikan Munarman. (Hr-harianindo.com)