Jakarta – Prestasi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Berbagai pencapaian dan penghargaan pun diraih oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya tersebut.

Sontak profil dari Wali Kota Surabaya tersebut menuai banyak pujian dari kalangan masyarakat. Namun rupanya pujian ini tak hanya didapat dari dalam negeri, masyarakat internasional pun turut mengakui segala pencapaiannya.

Hal ini terbukti dari utas cuitan warganet Malaysia dengan akun @datukhensem. Warganet tersebut turut membagikan pendapatnya tentang Risma. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan melontarkan pujian terhadap Risma sebagai sosok yang tepat untuk menjadi presiden selanjutnya, menggantikan Presiden Joko Widodo.

“Kalau Tri Rismaharini jadi presiden Indonesia berikutnya setelah Jokowi, game over-lah negara-negara Asean lain,” demikian terjemahan cuitan sang pemilik akun. “Lihatlah bagaimana dia mengubah Surabaya. Sudahlah, tak bisa ditandingi.”

Pemilik akun lantas mengungkapakan berbagai prestasi yang telah didapat oleh Risma selama menjabat sebagai wali kota. Salah satu yang ia perhatikan adalah terkait dengan kebersihan Surabaya yang patut diacungi jempol pasca “dipegang” Risma.

Ia juga memberikan pujian terhadap inovasi Risma untuk mengubah sampah menjadi energi listrik. Begitu pula dengan Risma yang memperkenalkan metode pembayaran sampah untuk bus kota yang ada di Surabaya.

“Surabaya ini juga punya command centre, yaitu 112 (seperti 999 di Malaysia),” lanjutnya. “Bukan hanya untuk memanggil pemadam kebakaran, polisi, tetapi juga ada pakar psikologi yang bertugas. Jadi bisa lah kalau untuk curhat.”

Namun bukan Risma namanya jika tidak identik dengan “marah-marah”. Hal ini pun turut disoroti oleh sang pemilik akun. “Kalau buka YouTube dan cari nama dia, memang semua video dia marah, hahaha,” selorohnya.

Beberapa video “amarah” Risma pun turut diunggah oleh pemilik akun. Seperti ketika Risma memarahi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tertangkap basah bercanda ketika ia tengah berpidato.

“Walaupun dia ini suka marah-marah, tetapi dia cakap dalam bekerja,” pungkasnya. “Oleh karena itu, tahun 2015, dia mendapat penghargaan sebagai Wali Kota Terbaik di Dunia nomer 3 dari The City Mayors Foundation.”

Diunggah pada Kamis (12/09) sore, cuitan tersebut sontak langsung mendapatkan belasan ribu like. Cuitannya pun mendapat persetujuan dari banyak warganet Malaysia lain. (Hr-harianindo.com)