Beijing – Dalam deretan orang-orang kaya di Tiongkok, ada satu pasangan suami istri yang termasuk dalam daftar tersebut dengan pekerjaan yang membuat heran. Tak seperti miliuner lain, Qin Yinglin dan Qian Ying merupakan peternak babi yang menjadi salah satu orang kaya di Tiongkok.

Hal tersebut dilansir dari laporan lembaga penelitian Hurun Institute. Lembaga tersebut mengeluaran daftar orang terkaya di Tiongkok pada tahun 2019. Dalam daftar tersebut, diketahui bahwa Qin Yinglin dan Qian Ying merupakan pendiri Muyuan Foods dan menempati peringkat 15.

Data yang sama menyebut bahwa Qin Yinglin dan Qian Ying memiliki harta senilai US$ 14 miliar atau setara dengan Rp 196 triliun. Besaran uang yang fantastis tersebut mereka dapatkan dari laba penjualan 5,8 juta ekor babi kala harga hewan tersebut sedang mahal.

Qin Yinglin dan Qian Ying merintis peternakan babi mereka sejak tahun 1992. Kini, Muyuan Foods mendapat predikat sebagai peternakan babi terbesar di Tiongkok.

Kekayaan mereka tak lepas dari tren bisnis makanan di Tiongkok yang sedang menguat. Terbukti, bukan hanya Qin Yinglin dan Qian Ying saja pebisnis makanan yang berada di daftar tersebut.

Disebutkan pula Zhang Yong, pemilik restoran hotpot Haidilao, berada di daftar serupa. Selain itu, pengusaha dengan julukan ‘raja saus kedelai’ Pang Kang juga merupakan pengusaha makanan yang masuk ke daftar orang terkaya di Tiongkok. (Elhas-harianindo.com)