Jakarta – Fachrul Razi, selaku Menteri Agama mengklaim bawa dirinya tak hafal banyak surat dalam Alquran. Fachrul menyatakan hanya menghafal juz ke-30 atau juz amma dari kitab suci umat Islam tersebut.

“Ini Pak Sekjen dan teman-teman siapkan kata sambutan. Saya akan bacakan, tapi akan saya tambah-tambah. Yang jelas saya agak minder juga karena saya hafalnya hanya juz amma, yang lainnya sepotong-sepotong,” kata Fachrul sembari bercanda kala membuka Lokakarya Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid di Hotel Best Western, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Fachrul membahas beberapa hal dalam pidatonya. Fachrul mengawali dengan menyatakan imam bukan hanya pemimpin salat berjemaah, tapi juga bertanggung jawab memastikan mimbar masjid tak dipakai untuk menyebarkan ajaran kekerasan berbasis agama.

Selain itu, Fachrul mengatakan bahwa saat ini tren tersebut sudah marak. Fachrul menilai banyak pendakwah yang tidak mencerahkan, tapi malah membodohi umat.

“Kita ingin juga mencerdaskan umat. Jadi sering saya katakan kadang-kadang kalau umat dibikin bodoh, enggak suka, tinggalin. Saya kadang-kadang suka marah,” kata Fachrul dalam lokakarya di Hotel Best Western, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Di sisi lain, Fachrul menyampaikan program itu akan dieksekusi akhir tahun ini dengan melibatkan ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah. Dia memastikan tak ada paksaan bagi para pendakwah untuk mengikutinya. (NRY-harianindo.com)